Friday, December 2, 2011

Apa itu DirectX ?

Sejarah DirectX
  Pada sebuah game ada program yang perlu melakukan tugas tertentu secara berulang-ulang. Ia perlu melihat input dari mouse, keyboard, atau joystick, dan ia juga perlu menampilkan gambar pada layar dan memutar suara atau musik (sound). Ini dilakukan setiap game pada tingkat yang paling sederhana.
Bayangkan betapa rumitnya ini bagi programer game pada awal arsitektur PC sebelum Windows. Programer senantiasa membuat cara mereka sendiri dalam mengenali keyboard atau mendeteksi apakah joystick terhubung dengan baik, dan ini hanya digunakan untuk bermain game saja. Bahkan diperlukan perhatian khusus untuk menampilkan gambar paling sederhana pada layar atau memutar suara sederhana.

intinya, programer game berbicara secara langsung ke hardware PC pada tingkat dasar. Disaat Microsoft memperkenalkan operating system Windows, itu merupakan bagian yang sangat penting bagi stabilitas dan kesuksesan PC di mana sesuatunya dipermudah baik bagi pengembang dan pemain. Dan siapa pun yang akan mau menulis game untuk suatu mesin jika mereka harus menemukan kembali rodanya setiap kali mereka membuat game baru? Ide Microsoft adalah sederhana: hentikan programer berbicara secara langsung kepada hardware, dan sebagai penggantinya buatlah toolkit umum yang dapat mereka gunakan. Dari sini lahirlah DirectX.
Teknologi ini pertama sekali diperkenalkan pada tahun 1995 dan telah menjadi standar untuk pengembangan aplikasi multimedia pada platform Windows. 

Bagaimana DirectX Bekerja?
Secara sederhana, DirectX merupakan interface antara hardware dalam PC Anda dan Windows itu sendiri, yang merupakan bagian dari Windows API (Application Programming Interface).
Mari kita lihat contoh sederhana. Pada waktu programer game ingin memutar file suara, ini hanyalah masalah menggunakan fungsi library yang sesuai. Dan pada waktu game berjalan, ia memanggil DirectX API, yang akan memutar file suara. Programer game tidak perlu mengetahui jenis sound card apa yang akan dihadapi, lalu apa yang dapat dilakukannya, atau bagaimana harus berbicara kepadanya. Microsoft telah menyediakan DirectX, dan pembuat sound card telah menyediakan driver yang berkemampuan DirectX. Ia menanyakan suara yang ingin dimainkan, hanya itu saja pada mesin apapun ia dijalankan.
Dilihat dari sudut pandang para gamer, DirectX memberikan kemudahan yang sangat besar paling tidak secara teori. Anda menginstal sound card baru di tempat yang lama, yang datang dengan driver DirectX. Lain waktu memainkan game Anda masih dapat mendengar suara dan musik, dan Anda tidak perlu melakukan perubahan konfigurasi yang kompleks.
Pada mulanya, DirectX hanyalah toolkit sederhana: hardware masa awal terbatas dan pada waktu itu hanya dibutuhkan fungsi grafis yang sederhana. Seiring perkembangan hardware dan software yang semakin rumit saja, demikian juga DirectX. Ia sekarang lebih dari hanya sekadar toolkit grafis, dan ia telah meliputi banyak rutinnitas yang melayani semua jenis komunikasi hardware.
Sebagai contoh, secara rutin Direct Input dapat menangani semua jenis perangkat input, dari mouse sederhana dengan dua-tombol sampai flight joystick yang kompleks. Bagian lain adalah DirectSound untuk perangkat audio dan DirectPlay yang menyediakan toolkit untuk bermain game secara online atau multiplayer. 

Versi DirectX
Versi DirectX terakhir yang sempat saya  tahu adalah DirectX 9.0c. Ia berjalan pada semua versi Windows dari Windows 98 sampai Windows Server 2003. Namun,
DirectX 9.0c. tidak dapat dijalankan pada Windows 95. Dan jika Anda mempunyai komputer yang menjalankan Windows 95, Anda sudah mentok pada versi 8.0a. Windows NT 4 juga membutuhkan versi tertentu—yaitu DirectX 3.0a. berhubung semakin banyaknya versi DirectX yang tersedia beberapa tahun belakangan ini, sangat sulit untuk mengetahui versi mana yang komputer anda butuhkan. Secara keseluruhan, semua versi DirectX backwardly compatible—game yang membutuhkan DirectX 7 akan dapat berjalan pada versi yang lebih baru, tetapi tidak dengan yang lebih lama.
Banyak game yang secara eksplisit menyatakan bahwa mereka membutuhkan DirectX 9, dan tidak dapat berjalan jika versi terbaru belum diinstal. Ini karena mereka menggunakan fitur baru yang terdapat pada versi tersebut, walaupun developer malas sering menggunakan versi paling terakhir untuk game yang bersangkutan, padahal tidak menggunakan satupun peningkatan baru yang ada. Namun pada umumnya, jika suatu game terikat versi tersebut, Anda perlu meng-upgrade sebelum bermain. Peningkatan pada kode DirectX berarti peningkatan pada banyak game pada waktu Anda meng-upgrade ke DirectX terakhir.

Analisas Masalah DirectX
Menganalisas masalah instalasi DirectX dapat menyulitkan, terutama jika Anda tidak mengetahui bagian mana yang menyebabkan game tidak dapat dimainkan. Untungnya, Microsoft menyediakan utility bernama DirectX Diagnostic Tool. Anda tidak akan menemukan tool ini pada Start Menu pada Windows versi berapapun, dan masing-masing cenderung menginstal pada tempat yang berbeda.
Cara paling mudah untuk menggunakannya adalah dengan membuka dialog Run dari Start Menu, ketik dxdiag dan kemudian klik OK. Pada waktu pertama dijalankan, ia membutuhkan beberapa detik untuk menanyai instalasi DirectX dan memeriksa jika ada masalah.

Tab DirectX File menampilkan versi setiap file yang digunakan. Notes pada bagian bawah perlu Anda lihat, karena file yang hilang atau terkorupsi akan ditandai di sini. Tab Display, Sound, Music, Input, dan Network semua berhubungan dengan bagian tertentu dari DirectX, dan semua kecuali tab Input menyediakan tool untuk mengetes fungsi hardware. Yang terakhir, tab More Help memberikan cara yang sangat mudah untuk menjalankan DirectX Troubleshooter, cara Microsoft dalam memecahkan masalah umum DirectX.

Meng-upgrade DirectX
Semua versi Windows yang tersedia datang dengan DirectX sebagai komponen inti sistem yang tidak dapat dihilangkan. Namun, banyak juga game terbaru membutuhkan versi paling terakhir supaya dapat berjalan dengan baik atau supaya dapat dijalankan.
Biasanya, tempat terbaik untuk menginstal DirectX versi terbaru adalah dari situs Web Microsoft, yang dapat ditemukan di www.microsoft.com/windows/directx. Anda dapat men-download installer sederhana yang nantinya akan men-download komponen yang perlu diinstal oleh sistem, atau men-download langsung paket lengkap untuk instalasi secara offline. Salah satu sumber lain dari DirectX adalah game itu sendiri. Jika game membutuhkan suatu versi tertentu, itu akan ada di CD instalasi dan mungkin otomatis diinstal oleh installer game tersebut.
Sumber : http://dosen.palcomtech.ac.id

No comments:

Post a Comment

Post a Comment