Wednesday, December 7, 2011

BAGIAN-BAGIAN DARI KOMPUTER DAN FUNGSINYA




1.     1. VGA CARD
VGA card adalah bagian komputer yang terletak di dalam CPU dan berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa adanya VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen pembuat motherboard atau disebut juga VGA on board.
Lalu seperti apa bentuk dari VGA card tersebut? Silakan perhatikan gambar berikut ini.
http://bp3.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/R2M5FWhZ7bI/AAAAAAAAANg/ZQ3KKqMGus8/s200/ATI_VGA_Card_9800XT_AGP.jpghttp://bp1.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/R2M4P2hZ7aI/AAAAAAAAANY/Ei2nSnbxYrI/s200/ATI_VGA_Card_9700PRO.jpg
Beberapa bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak pembuatnya. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat pada gambar diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan lain dari VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita.

2. CASING
http://bp3.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/R0eVNtBYjsI/AAAAAAAAAMk/EDPwEgeGhpw/s200/computer.jpgCasing adalah merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai  pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi (tower atau desktop), namun sekarang ada berbagai macam bentuk cashing yang dapat di temukan di pasaran.
Selain berfungsi sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
Fungsi lainnya selain sebagai pelindung adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama motherboard, vga card, sound card dan lain-lain.
Casing juga bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak.
Selain fungsi utamanya tersebut, casing juga dapat tampil dengan berbagai macam corak, warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Biasanya casing hasil modifikasi seperti  ini harganya lebih mahal.
Yang terutama dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya sebagai pelindung dan penutup. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang aman dan terlindungi dari benturan dan benda2 asing

3. POWER SUPPLY
Powersuply merupakan bagian vital dari komputer yang tersimpan dalam CPU. Sesuai dengan namanya, power supply ini berfungsi sebagai pembagi listrik atau sebagai adaptor step down  tegangan ke setiap bagian komputer yang terdapat pada CPU agar dapat bekerja sesuai fungsinya masing-masing. Powersyply yang umum dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX seperti contoh di bawah ini.

http://bp1.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/RvfPuTDzB9I/AAAAAAAAALk/1-kz5NsVyrY/s320/Power-Supply-UNit_MED.png
Pada agian belakangnya terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Dan juga terdapat kipas sebagai pendingin di dalamnya. Pada bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU seperti: Motherboard, Harddisk, DVD Rom dan sebagainya.
Listrik yang mengalir sudah ke bagian-bagian CPU sudah diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dapat membahayakan dan jangan pernah menyentuhnya.


4. PROCESSOR
 Apa sebenarnya processor itu? Dan bagaimana bentuknya? Dan apa Fungsinya ?
Disini akan saya coba menjelaskan apa itu processor. Processor adalah merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Prosesor itu sendiri adalah berfungsi sebagai otaknya komputer. Processor sendiri merupakan suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang dari usernya.
Bagaimana bentuknya? Berikut gambarnya .

http://bp2.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/R2MzWGhZ7XI/AAAAAAAAANA/vLkFy_ntH0U/s200/core2duo.gifhttp://bp0.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/R2MzkmhZ7YI/AAAAAAAAANI/e1ES9vR5KwE/s200/amddualcore.jpghttp://bp2.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/R2Mz9GhZ7ZI/AAAAAAAAANQ/O-uunXgzufk/s200/10424.jpg
Itu adalah gambar contoh dari processor yang terbaru, baik dari Intel maupun AMD.

5. MOTHERBOARD
Isi dari Cashing CPU, diantaranya motherboard atau mainboard. Ia merupakan bagian utama utama yang berada dalam CPU. Dan berfungsi sebagai tempat menempelnya berbagai macam komponen pendukung lainnya seperti Memory, Processor, VGA card dan lain-lain.

Dan seperti apa bentuk motherboard tersebut? Disini adalah salah satu contoh gambar motherboard “Gigabyte GA-MA69GM-S2H”.
http://bp3.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/Ru1WDw5x5oI/AAAAAAAAAJU/fyO791qiK_Q/s320/1722_p3_1.jpg
Anda lihat bagian yang berwarna-warni itu?
Itulah yang disebut dengan Slot. Slot merupakan tempat dudukan untuk memasang card-card yang diperlukan, seperti VGA card, memory card, TV Tuner, Video card, dan lain-lain.

6. MOUSE DAN KEYBOARD
Mouse dan Keyboard ini adalah bagian inputnya. Pada Tahun 1990-an input device hanya berupa keyboard saja. Perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse, pen (berbentuk pulpen). Saat ini sudah ada yang input device berupa sentuhan jari (touch screen) dan suara (kalima perintah). Yang umumnya dipakai untuk komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk memasukan data.

http://bp3.blogger.com/_lTdUHqQzrXs/RudlDQ5x5mI/AAAAAAAAAJE/YL4f56Ix16U/s200/keyboard500.jpg

7. MONITOR.
Monitor merupakan output sementara, karena hasil yang telah di peruses hanya tampak buat sementara saja di layar. Fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif.

No comments:

Post a Comment